saringan
Basic
Product Knowledge
Yuk mari
kita mengenali dasar-dasar tentang filter-filter mobil. Apa saja si pengertian
dan jenis-jeninya. Simak ya blog ini :)
1. Tipe-tipe filter
a. Element :
- Injection Plastic
- Injection Plastic
- Round
- Panel
- Oval
- Cone
- ECO
- Cabin
- FFAF
- Blow By Gas
- V-Pac
b. Spin On :
- Gasoline Engine
- Diesel Engine
- Depth( Oil Bath)
- Bag
- Screen
- Candle
- Membran
2. Aplikasi Filter :
a. Air Filter :
- Fungsi : Menyaring dan membuang debu dari udara yang masuk dan
mengalirkan udara yang bersih ke mesin.
- Komponen penting dan utama : kertas filter
- Masa pakai Air Filter : 20.000 Km/1000 jam
- Akibat Filter Kotor : Konsumsi Bahan Bakar Naik dan Jarak yang telah
ditempuh naik maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat jika filter
yang sudah melewati masa pengantian tetap digunakan.
b. Oil Filter :
- Fungsi : Menyaring kotoran pada oli dan mengalirkan oli yang bersih ke
mesin.
- Komponen pentging dan utama dari Oil Filter : Kertas Filter
- Masa pakai Oil Filter didesain : 10.000 Km/500 jam.
c. Fuel Filter
- Fungsi : Menyaring kotoran pada bahan bakar dan mengalirkan bahan bakar
yang bersih ke mesin agar proses pembakaran sempurna serta tidak merusak sistem
injeksi.
- Komponen penting dean utama dari Fuel Filter : Kertas Filter
- Masa pakai Fuel Filter didesain : 20.000 Km/1000 jam
d. Hydraulic Filter
e. Transmission Filter :
- Fungsi : Menjaga kebersihan oli dari sistem transmisi sehingga sistem
transmisi dapat menghasilkan torsi yang besar, beroperasi secara halus dan
berfungsi secara benar.
- Tipe :
a. Pleated Media
b. Mesh Screen Media
c. Felt Type Screen Media
d Spin On Type
f. Air Oil Filter :
- Tipe :
a. Standard Wrape Element
b. Depth Separator Element
c. Air Oil Box
d. Air Oil Separator Filter
e. Air Oil Separator Element For Vacuum Pumps
g. Air Dryer :
- Fungsi : Mengeringkan udara yang dimampatkan dalam sistem
pengereman dari commercial vehicle dan memberikan perlindungan trebaik untuk
system pengereman pneumatic dari karat dan keausan.
h. Fuel Water Separator
- Fungsi : Air adalah penyebab utama dari rusaknya pompa dan injector dari
mesin diesel. Oleh karena itu untuk memisahkan air dan kontaminasinya yang
menyebabkan kerusakan komponen injector, dari bahan bakar, maka diperlukan Fuel
Filter Separator. Disamping itu Fuel Water Separator juga berfungsi sebagai
Filter Debris agar secondary Fuel Filter timenya lebih lama.
i. Cabin Filter :
- Fungsi : Cabin Filter menjaga kebersihan udara didalam kendaraan.
- Karakteristik:
1. Penghilang bau yang baik
2. Penangkap debu yang baik
3. Menghilangkan polutan
4. Daya tahan lama
5. Mengembangkan tekhnologi produksi menggunakan bahan filter dengan zeolit
pertama di dunia.
- Partikel dalam udara yang mampu di saring oleh cabin filter
1. Polten
2. Spora
3. Bakteri
4. Debu
5. Asap rokok
6. Asap kendaraan
j. Coolant Filter :
- Fungsi : 1. Menjaga mesin tetap dingin walau dalam suhu panas dengan cara
menaikkan titik didih air (coolant). 2. Mencegah terjadinya karat karena
dilengkapi dengan additive rust inhibitor.
k. Carbon Canister Filter
- Fungsi : Menjaga agar udara yang keluar dari tangki bahan bakar bersih dari kandungan bahan bakar yang bisa mencemari lingkungan.
- Fungsi : Menjaga agar udara yang keluar dari tangki bahan bakar bersih dari kandungan bahan bakar yang bisa mencemari lingkungan.
- Cara Kerja : Ketika Engine shuf off (dimatikan) terjadi ketidakseimbangan
tekanan pada tangki bahan bakar yang menyebabkan tekanan tangki bahan bakar
turun. Pada saat tekanan turun tersebut bahan bakar akan mudah membentuk uap
atau gas yang memenuhi rongga atau tangki. Ketika terdorong ke luar melalui
lubang ventilasi. Dari lubang ventilasi ini uap bahan bakar di filter dengan
carbon canister agar gas yang keluar bebas dari uap bahan bakar yang bisa
mencemari lingkungan.
l. Blow By Gas
Gerakan osilasi pada piston akan menimbulkan efek pumping pada area crankcase yang menyebabkan udara yang mengandung uap oli yang ada di crackcase terdorong keluar. Design pada engine, uap oli yang keluar tersebut dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui saluran intake.
Pada mesin generasi terbaru yang ramah lingkungan sebelum masuk ke saluran intake uap oli tersebut di filter untuk menangkap kandungan olinya (oli separator). Karena kalau kandungan oli tersebut masuk ke ruang bahan bakar akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna (HC tinggi) yang bisa mencemari lingkungan.
m. Urea Filter
- Fungsi : Melindungi metering pump dan nozze dari endapan urea dan kotoran lain yang bisa menyumbat pompa dan noozle.
l. Blow By Gas
Gerakan osilasi pada piston akan menimbulkan efek pumping pada area crankcase yang menyebabkan udara yang mengandung uap oli yang ada di crackcase terdorong keluar. Design pada engine, uap oli yang keluar tersebut dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui saluran intake.
Pada mesin generasi terbaru yang ramah lingkungan sebelum masuk ke saluran intake uap oli tersebut di filter untuk menangkap kandungan olinya (oli separator). Karena kalau kandungan oli tersebut masuk ke ruang bahan bakar akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna (HC tinggi) yang bisa mencemari lingkungan.
m. Urea Filter
- Fungsi : Melindungi metering pump dan nozze dari endapan urea dan kotoran lain yang bisa menyumbat pompa dan noozle.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar